Agama ngon Adat (agama dengan adat) Lage zat ngon sifeut (seperti zat dan sifat) Tawit han meulipat (dibengkok tak bengkok) Tatarek han meu ...

Hubungan Antara Adat dan Agama di Aceh

Agama ngon Adat (agama dengan adat)
Lage zat ngon sifeut (seperti zat dan sifat)
Tawit han meulipat (dibengkok tak bengkok)
Tatarek han meu ji'eut (ditarik tak melar)

Ungkapan diatas adalah nariet maja (peribahasa) dalam bahasa Aceh, yang menggambarkan hubungan antara agama dan adat di Aceh.

Jika kita kaji lebih dalam, adat dalam masyarakat Aceh hampir semua berkaitan dengan agama, dari adat meminang, perkawinan, turun tanah bahkan sampai adat acara kematian pasti tidak bisa dipisahkan dari agama, "lage zat ngon sifeut" begitu masyarakat Aceh menggambarkan.

Dalam masyarakat Aceh juga berlaku hukum tak tertulis, jika adat bertentangan dengan agama, maka tinggalkan adat dan ambil agama, karena prinsip inilah sekarang kita tidak menemukan ada adat Aceh yang berseberangan dengan agama, karena yang bertentangan dengan agama tidak dianggap adat oleh masyarakat Aceh

Dalam blog ini nantinya akan kita kupas tuntas adat-adat Aceh yang masih dipertahankan sampai sekarang, terus pantau supaya tidak ketinggalan artikel menarik lainnya, kita tutup dengan sebuah narit maja lainnya yang tidak kalah populer di Aceh :

Adat bak po teumeuruhom
Hukom bak Syiah Kuala
Qanun bak putro phang
Reusam bak beuntara

0 komentar: